Kamis, 29 Oktober 2015

Cara Menjadi Pengusaha Sukses [Publikasi 5]

Panduan Dropship 300x250

Membahas Cara Menjadi Pengusaha Sukses (entrepreneur), kita tidak bisa menentukan rumusan pasti mengenai kedua hal tersebut. Banyak sudah pakar dan praktisi bisnis yang mempublikasikan rumusan Cara Menjadi Pengusaha Sukses, dan semua rumusan itu berbeda satu dengan yang lain.

Namun saya pribadi mencoba menarik benang merah dari berbagai referensi tentang entrepreneurship, dan menuangkannya dalam sajian artikel blog Mas Nugroho yang semoga dapat bermanfaat buat sahabat pembaca sekalian. Berikut uraian tentang cara berpikir dan mental seorang entrepreneur.

3 Cara Berpikir Seorang Entrepreneur
 
  1. Berpikir untuk memberikan nilai tambah suatu barang atau jasa. Seorang entrepreneur adalah sosok yang senantiasa berpikir kreatif dan inovatif ketika mendapati suatu permasalahan atau melihat potensi di lingkungan sekitarnya. Dengan kreativitas dan inovasi, ia mampu memberikan nilai tambah suatu barang atau jasa untuk mendapatkan nilai ekonomis dari keduanya.
  2. Berpikir untuk menumbuhkembangkan usaha dengan kerja sama. Seorang entrepreneur adalah sosok yang senantiasa berpikir untuk mencari solusi atas kendala dan hambatan. Dengan mencari solusi atas kendala dan hambatan dalam berwirausaha, ia mampu menjalin kerja sama dengan pihak-pihak yang dapat mendukung tumbuh kembang usahanya.
  3. Berpikir untuk memotivasi lingkungan sekitarnya untuk maju bersama. Seorang entrepreneur adalah sosok yang senantiasa berpikir untuk memajukan lingkungan sekitarnya. Dengan tekad untuk memajukan lingkungan sekitarnya, ia mampu memotivasi lingkungan sekitarnya untuk maju bersama dalam membangun kemandirian ekonomi.
3 Mental Yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur 
  1. Bermental baja. Seorang entrepreneur harus memiliki mental baja dan tidak boleh rapuh ketika mengalami kegagalan, karena kegagalan adalah sebuah proses pembelajaran yang pasti akan dilalui dalam berwirausaha. Sehingga apabila seorang entrepreneur rapuh, ia akan merasakan putus asa dan berhenti sebelum mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.
  2. Bermental mandiri. Seorang entrepreneur harus memiliki mental mandiri dan tidak boleh menggantungkan diri pada belas kasihan orang lain, karena kemandirian adalah prinsip untuk senantiasa berusaha dengan kemampuan terbaiknya dan memposisikan orang lain sebagai mitra berwirausaha. Sehingga apabila entrepreneur menggantungkan diri pada belas kasihan orang lain, ia tidak akan merdeka.
  3. Bermental juara. Seorang entrepreneur harus memiliki mental juara dan tidak sekedar mengekor kesuksesan orang lain, karena menjadi juara adalah pemicu seorang entrepreneur untuk senantiasa selangkah lebih maju dibandingkan kompetitornya. Sehingga apabila seorang entrepreneur mengekor kesuksesan orang lain, ia tidak akan bisa melampaui kesuksesan kompetitornya.
Itulah uraian cara berpikir dan mental seorang entrepreneur yang bisa sahabat pembaca terapkan dalam memulai wirausaha. Keenam poin tersebut bukanlah hal yang mutlak, karena bisa saja sahabat pembaca sekalian akan menemukan cara berpikir dan mental seorang entrepreneur dari pengalaman ketika menjalankan sebuah usaha.

Sampai bertemu kembali dalam artikel menarik lainnya tentang entrepreneurship. Sahabat pembaca blog blOg mAs nUgrOhO Inc bisa menandai artikel ini dengan fasilitas bookmark yang terdapat di browser internet apapun yang sahabat gunakan. Dengan menandai artikel ini, sahabat pembaca akan lebih mudah untuk menemukan blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar