Sabtu, 08 Januari 2011

Tips Sukses Seleksi CPNS


Sekedar sharing, buat sahabat pembaca sekalian…

Judul di atas sebenarnya bersifat relatif, karena cara saya menuju sukses mungkin berbeda dengan sahabat pembaca sekalian.

Meraih sukses seleksi CPNS merupakan impian semua pencari kerja. Namun untuk meraihnya, gampang-gampang susah. Kok bisa begitu? Penasaran?

Simak artikel ini sampai tuntas oke…

Meraih sukses seleksi CPNS membutuhkan persiapan ekstra. Berdasarkan pengalaman saya, persiapan ini dikategorikan dalam persiapan fisik dan mental.

Persiapan fisik lebih ditekankan pada aspek penguasaan materi, kondisi jasmani dan persiapan administrasi. Ketiga aspek tersebut membutuhkan perhatian penuh. Tidak bisa sambilan bahkan asal-asalan. Karena ketiganya merupakan penilaian yang umum digunakan panitia seleksi dalam menentukan kelayakan peserta seleksi CPNS. Sedangkan persiapan mental lebih ditekankan pada aspek psikologis dan spiritual, yang keduanya sangat berpengaruh terhadap pikiran dan sikap seorang peserta seleksi. Jika sahabat pembaca percaya adanya kekuasaan Allah SWT, anda telah memiliki nilai plus.

Allah SWT mampu menggerakkan kita menuju kesuksesan. Tanpa menafikan ikhtiar yang kita lakukan, adanya kepasrahan akan hasil seleksi merupakan cara terbaik mengelola psikologi diri kita saat menjalani seleksi CPNS.

Bayangkan saja, sekian banyak orang memperebutkan sedikit peluang menjadi CPNS. Jika kita tidak mengkondisikan diri sebaik mungkin, ketika gagal akan menimbulkan efek psikologis yang buruk. Tentunya bukan ini yang kita harapkan.

Bagi sahabat pembaca yang ingin sukses seleksi CPNS, ada beberapa tips dari saya yang Insya Allah membuat anda siap berkompetisi dengan penuh percaya diri :

1. Niat lillahi ta’ala. Niat ini sangat penting! Dan berpengaruh terhadap psikologi kita, saat menjalani seleksi CPNS. Tanpa meniatkan karena Allah, maka perjuangan kita tidak akan pernah mendapat ridho Allah. Ini adalah hal yang tidak bisa ditawar-tawar bagi sahabat pembaca yang meyakini kekuasaan Allah.

2. Mempersiapkan fisik dan mental. Seperti yang sudah saya paparkan di atas, persiapan fisik dan mental ini sangat diperlukan dalam rangka mendapatkan performa yang terbaik saat menjalani seleksi CPNS. Jangan sampai ketika menjalani seleksi CPNS, kondisi kita tidak 100% siap dan fit.

3. Tekun berusaha. Inilah kekuatan orang-orang sukses terdahulu. Berbekal ketekunan, mereka mampu mencapai tujuan atau cita-citanya. Ketekunan inilah, yang menjadi spirit tak kenal lelah dan pantang putus asa ketika mengalami kegagalan di langkah pertama. Jika sahabat pembaca gagal di langkah pertama, masih ada langkah kedua, tiga dan seterusnya.

4. Bersikap optimis. Sikap ini beriringan dengan ketekunan. Dengan optimis, sahabat pembaca mampu memaknai kegagalan sebagai kekuatan untuk bangkit. Tanpa optimisme, sulit bagi seseorang untuk menerima kegagalan. Karena kegagalan terasa pahit jika ditelan begitu saja. Butuh optimisme sebagai pereda rasa pahit yang dialami.

0 komentar:

Posting Komentar