Rabu, 29 Desember 2010

The Balance Ways Experience

Kali ini penulis mencoba mengilustrasikan metode MAPP to RICH melalui pengalaman sukses seorang pebisnis. Pebisnis ini sukses mengembangkan bisnisnya dengan mempraktikkan MAPP to RICH. Pembahasan tentang MAPP to RICH telah dibahas pada posting sebelumnya, klik disini untuk membaca kembali. Semoga ilustrasi ini dapat memberikan motivasi kepada sobat pembaca sekalian…

Siapa yang tidak kenal cak eko?

Pemilik waralaba restoran Bakso Malang Kota Cak Eko, yang sukses membesarkan bisnis jualan baksonya mulai dari nol. Tidak hanya sukses secara materi, Cak Eko juga sukses membantu kaum dhuafa dalam mengentaskan kemiskinan sebagai komitmen seorang muslim. Kesuksesan ini tidak diraihnya secara instan, melainkan melalui proses yang cukup melelahkan.

Cak Eko mungkin belum mengenal metode MAPP to RICH saat pertama kali merintis bisnis, akan tetapi dalam praktiknya ia telah sukses. Cak Eko memulai maximize action dengan membangun bisnis yang dapat diwaralabakan. Dengan demikian, usahanya dapat berkembang cepat melalui mitra bisnisnya. Terlihat jelas, bahwa Cak Eko tidak setengah-setengah dalam merintis bisnisnya.

Cak Eko merencanakan (planning) konsep waralaba sejak awal mendirikan usaha jualan baksonya, sehingga langkahnya untuk mewujudkan waralaba Bakso Malang Kota Cak Eko terwujud. Bukan berarti tanpa hambatan dalam mewujudkan waralaba tersebut. Dengan perencanaan yang tepat, Cak Eko dapat menentukan kebijakan arah perusahaannya, sehingga perusahaannya berkembang pesat.

Setelah sukses membangun jaringan bisnis waralabanya, Cak Eko menyadari bahwa kesuksesannya tidak terlepas dari kekuasaan Allah SWT. Kesadaran inilah yang diwujudkan dalam bentuk sedekah kepada kaum dhuafa, dimana manfaat sedekah ini semakin menambah kelancaran usaha Cak Eko. Kesadaran ini merupakan implementasi dari metode pro poor.

Yang tidak kalah penting, Cak Eko melakukan semua aktivitasnya dengan keridhoan, keikhlasan dan senantiasa mengikuti suara hati (heart voice). Tiga elemen ini disingkat metode RICH, yang merupakan wujud kesuksesan hakiki cak eko. Sehingga lengkap sudah step by step yang dilalui Cak Eko dalam meraih sukses dengan metode MAPP to RICH. Wallahu’alam

0 komentar:

Posting Komentar